Trik Cara Menanam Kentang Hidroponik Dijamin Berhasil

Sumber foto : Comfyhomecorner.com

Kentang adalah salah satu bahan makanan yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Penting sekali untuk mengetahui cara menanam kentang hidroponik karena hal itu bisa memudahkan siapa saja untuk mendapatkan kentang secara mandiri. Kentang sendiri masuk umbi-umbian yang sangat mudah untuk ditanam sendiri. Yuk, pelajari cara menanamnya berikut ini!

Baca Juga : Cara Budidaya Melon Hidroponik untuk Pemula yang Mudah

Cara Menanam Kentang Hidroponik

Inilah urutan cara menanam kentang hidroponik dari Web.agroloka.com yang benar:

1. Persiapan Menanam Kentang Hidroponik

Sumber foto : Bukalapak.com

Cara menanam kentang hidroponik yang paling dasar adalah melakukan persiapan. Bahan dan peralatan yang dibutuhkan untuk menanam kentang harus disiapkan mulai cari cairan nutrisi, wadah untuk media tanam, tusuk gigi, dan nutrisi untuk kentang hidroponik. Semua bahan ini bisa dibeli di toko perkebunan atau pertanian.

Jika ingin membuat nutrisi tersebut secara mandiri juga bisa dengan menyiapkan beberapa bahan, seperti 1 karung kotoran kambing atau ayam, setengah karung bekatul, 30kg jerami, 100 gr gula merah, air bersih, wadah kedap suara, selang aerator transparan, dan botol plastik 1 liter.

Baca Juga : 5 Trik Cara Menanam Sawi di Polybag dari Awal yang Mudah

2. Membuat Nutrisi untuk Kentang

Sumber foto : Youtube.com

Jika semua bahan tadi sudah siap, maka nutrisi untuk kentang hidroponik bisa dibuat dengan langkah-langkah Web.agroloka.com berikut ini:

  • Lubangi wadah kedap suara sebesar ukuran selang yang sudah disiapkan.
  • Jerami dipotong halus lalu dicampung dengan kotoran kambing atau hewan sampai rata
  • Masukkan campuran tadi pada wadah yang sudah disiapkan dan tambahkan air sebanyak setengah dari bahan tadi lalu larutkan sampai rata.
  • Larutkan gula merah dengan 5 liter air dan aduk sampai rata.
  • Masukkan pada wadah yang kedap udara tadi agar tercampur dengan bahan organik dan kotoran yang sudah dilarutkan di awal.
  • Tutup wadah dan masukkan selang ke lubang yang sudah dibuat dan pastikan tidak ada celah sekecil apapun.
  • Isi tiga per empat botol plastic dengan air gunanya untuk menstabilkan suhu dan membuang gas dari wadah kedap udara tadi.
  • Biarkan saja sampai 7-10 hari, jika mengeluarkan bau fermentasi artinya nutrisi organik berhasil dibuat.
  • Gunakan nutrisi tadi dengan cara menyaringnya menggunakan kain. Jadilah pupuk cair dan padat.

3. Penanaman Kentang Hidroponik

Sumber foto : Kutanam.com

Jika persiapan sudah selesai, langsung saja lakukan langkah-langkah berikut ini untuk menanam kentang hidroponik dengan baik dan benar. Ini dia beberapa step dari cara menanam kentang hidroponik:

  • Cuci umbi kentang sampai bersih menggunakan air mengalir.
  • Tusukkan lidi pada sisi-sisi umbi kentang yang utuh. Pastikan nanti lidi atau tusuk gigi tidak menahan kentang untuk bisa terendam di dalam air.
  • Isi wadah atau gelas kaca dengan cairan nutrisi yang sudah dibuat atau disiapkan.
  • Jika sudah terisi masukkan umbi kentang pada wadah itu dengan posisi setengah dari umbi harus terendam dengan cairan nutrisi.
  • Terakhir letakkan wadah dengan umbi kentang di tempat yang terkena sinar matahari agar ada pertumbuhan daun hingga batang dari umbi kentang.

Baca Juga : Panduan Cara Menanam Buncis di Polybag Lengkap dan Mudah

Nah, itulah cara menanam kentang hidroponik dari Web.agroloka.com. Hidroponik merupakan teknik yang sangat praktis dan mudah dilakukan siapa saja. Tanpa perlu mencari atau menyediakan lahan khusus untuk memiliki tanaman kentang. Selain itu, kualitas hasil panennya nanti akan sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Pertumbuhan dan perkembangan kentang hidroponik sendiri lebih cepat dan jauh dari polusi nutrisi. Banyak sekali kelebihan menggunakan teknik hidroponik karena memang mudah proses penanamannya dan cara panennya. Tunggu apalagi, mari coba sendiri di rumah memiliki tanaman kentang hidroponik!

Kontak :

Untuk mengirim pesan silahkan gunakan tombol dibawah ini.

WhatsApp Via SMS