Panduan Cara Menanam Durian dari Biji sampai Panen Berlimpah

Sumber foto : Blog.tokotanaman.com

Siapa yang tidak kenal dengan durian? Buah ini memiliki ciri khas dari bau dan rasanya. Nah, untuk menghasilkan durian yang berkualitas, Anda harus memahami bagaimana cara menanam durian dari biji dengan baik dan benar. Sebab, tahap penanaman inilah yang akan sangat berpengaruh pada kualitas durian itu sendiri.

Baca Juga : Cara Memilih Buah Durian Yang Rasanya Enak Manis Bagus dan Matang

Cara Menanam Durian dari Biji

Cara menanam durian dari biji ini banyak dipilih sebab caranya yang sederhana dan semua orang juga bisa melakukannya. Berikut adalah cara penanaman durian dari Web.agroloka.com:

1. Pembibitan Durian

Sumber foto : Yearofthedurian.com

Nah, langkah pertama yang seharusnya Anda lakukan saat menanam durian dari bijinya yaitu pembibitan. Terdapat beberapa langkah yang harus dilakukan dalam pembibitan ini seperti:

a. Memilih Bibit Unggulan

Untuk menentukan bibit durian yang unggul, Anda bisa melihatnya dari bentuk biji yang masih utuh dan juga tidak keriput. Disamping itu, harus memastikan kalau benih yang dipilih berasal dari buah durian sehat serta berkualitas.

b. Menyiapkan Benih Durian

Dalam menyiapkan benih biji durian ini, ada beberapa langkah yang harus Anda ikuti, yaitu:

  • Membersihkan daging durian yang tertempel.
  • Mengeringkan biji durian dengan ditiriskan.
  • Menyimpannya selama 2 minggu di tempat yang kering.

c. Pembibitan Biji Durian

Ini langkah-langkah saat proses pembibitan biji durian:

  • Media tanahnya harus mempunyai rasio 1:1.
  • Supaya calon akar bisa langsung jatuh ke tanah, maka metode penyiramannya harus dimiringkan.
  • Sisakanlah jarrah 2-3 cm apabila tempat pembibitan besar.
  • Hindarilah sinar matahari langsung dengan cara menutupinya menggunakan plastic.
  • Tunggulah hingga 3 minggu agar memastikan kalau daun biji durian mempunyai 3 buah daun.
  • Ketika pembibitan benih durian di polybag, ukurannya tak perlu terlalu besar.

Baca Juga : Cara Memilih Bibit Tanaman Durian Unggul dan Ciri Cirinya

2. Proses Penanaman Durian

Sumber foto : Pertanianku.com

Sebelum menanam biji durian, sobat Web.agroloka.com harus membersihkan media pertumbuhan durian terlebih dahulu. Selain itu, buatlah juga sebuah bedengan sebagai saluran airnya supaya ketika hujan datang airnya tidak menggenang. Anda juga bisa semprotkan basamid di tanah agar tidak ada jamur yang menyerang pohon durian.

Baru setelah itu tentukanlah jarak tanam antara benih, yaitu sekitar 10-12 cm. Kemudian, buatlah lubang agar benih mudah dipindahkan. Setelah itu tanam dan tutup benihnya menggunakan jerami kering. Terakhir, sirami bijinya dengan air yang cukup banyak.

3. Perawatan dan Pemeliharaan

Sumber foto : Pertanianku.com

Beberapa hal penting yang harus dilakukan dalam tahap perawatan dan pemeliharaan adalah:

a. Pemangkasan

Tujuan pemangkasan adalah untuk mencegah tumbuhnya benih vegetatif yang tidak diinginkan. Untuk pemangkasan sendiri harus dibuat selama periode awal pohon berbunga agar memaksimalkan hasil durian.

b. Penyiraman

Biarkanlah saluran airnya mengalirkan aliran air. Nah, khusus bibit yang baru saja ditanam, cukup siram sekali sehari. Sementara bibit yang sudah lama disiram 2-3 kali seminggu. Penyiramannya dilakukan secara tidak berlebihan.

c. Penjarangan

Penjarangan bertujuan untuk memperoleh hasil dari buah durian dengan rasanya yang enak dan mencegah pohon durian sebab jumlah bunga yang akan dibuahinya pun sangat banyak. Cara melakukan penjarangan yaitu dengan menyemprotkan Auksin A agar bunga yang tidak dibuahi terbunuh. Sementara bunga yang dibuahi tetap berkembang menjadi buah.

Baca Juga : Manfaat Tanaman Biji Daging dan Kulit Durian

d. Penyiangan

Penyayang pada gulma dan tanaman liar ini berfungsi sekali supaya pertumbuhannya pohon durian tidak terganggu. Sebab mereka bisa saja merebut nutrisi yang ada dalam tanah.

e. Pemupukan

Anda juga bisa melakukan pemupukan dengan kompos, pupuk hijau, atau pupuk kimia lainnya. Jika duriannya telah ditanam 3 bulan, pupuk lain seperti pupuk NPK 200 g bisa digunakan. Anda bisa melakukan pemupukan ini dengan rutin setiap 4 bulan.

f. Proses Panen

Untuk pohon durian ini bisa berbunga Anda harus menunggu 8 tahun dulun. Selain itu, pohon durian hanya bisa berbuah di musim kemarau saja. Jika sudah matang biasanya akan mengeluarkan bau yang menyengat dan juga terjadi perubah warna kulit.

Jadi itulah cara menanam durian dari Web.agroloka.com supaya hasil panennya melimpah ruah. Jangan lewatkan juga cara pengendalian gulma dan tanaman liar diatas supaya buah durian yang dihasilkan tetap berkualitas. Selamat menanam!

Kontak :

Untuk mengirim pesan silahkan gunakan tombol dibawah ini.

WhatsApp Via SMS