Cara Menanam Stroberi dari Biji untuk Pemula Dijamin Berhasil

Sumber foto : Lovefood.com

Pastinya sangat sulit untuk menolak kelezatan dari buah stroberi. Apabila Anda suka sekali dengan buah mungil ini, kenapa tidak mencari tahu cara menanam stroberi dari biji di rumah ketimbang harus membelinya setiap hari? Apalagi cara penanamannya juga terbilang sangat mudah lho!

Cara Menanam Stroberi dari Biji

Setidaknya, ada dua alasan yang membuat Anda harus menanam buah stroberi di rumah. Pertama adalah harga buah stroberi yang ada di pasaran cukup tinggi. Jadi tidak sedikit juga orang yang berpikir dua kali saat ingin membelinya. Alasan kedua, di daerah desa keberadaan buah stroberi ini masih tidak banyak karena harganya yang cenderung mahal.

Meskipun kabarnya buah yang manis ini hanyalah bisa tumbuh dan hidup di dataran tinggi dan berhawa dingin saja. Akan tetapi, ternyata Anda pun juga bisa melakukan penanaman di pekarangan sendiri. Untuk menghasilkan buah stroberi ini bisa menggunakan biji stroberi sebagai bibitnya. Untuk penanamannya tidaklah sesulit yang Anda bayang, namun prosesnya harus cermat agar berhasil ya. Inilah cara dari Web.agroloka.com yang harus ditempuh:

Baca Juga : Panduan Cara Menanam Biji Apel dari Awal yang Baik dan Benar

1. Mempersiapkan Bibit Stroberi dan Lakukan Penyemaian

Sumber foto : Everythingbackyard.net

Biji stroberi yang digunakan akan sangat berpengaruh pada kualitas buah stroberi yang ditanam. Untuk itu, usahakan untuk memilih biji yang memang berkualitas. Setelah itu, Anda bisa lanjutkan pada proses penyemaian terlebih dahulu. Untuk penyemaian biji stroberi ini tidaklah sulit, Anda bisa gunakan toples, wadah plastik, atau wadah lainnya yang berwarna hitam atau putih.

Kemudian jangan lupa untuk mencuci wadahnya terlebih dahulu hingga benar-benar bersih lalu masukkan dua lapis tisu. Lalu basahi tissuenya menggunakan air mineral saja dan jangan menggunakan air sumur atau air kran. Pasalnya, bisa saja air itu mengandung zat yang dapat menghambat pertumbuhan benih stroberi.

Setelah itu taburkan biji stroberinya di atas tisu serta usahakan tidak ada biji yang tertempel. Dalam kata lain, semua biji ini harus dipisah. Jangan lewatkan juga untuk memberikan jarak agar bijinya bisa tumbuh dengan baik. Lalu tutup wadahnya dengan rapat dan letakkan ditempat yang tidak terkena sinar matahari.

Sobat Web.agroloka.com harus melakukan pengontrolan wadah penyemaian setiap harinya. Cukup mengeceknya 3 sampai 4 kali sehari lalu usahakan untuk tissuenya tetap basah dan lembab. Agar bisa berkecambah, biji stroberi ini memerlukan waktu 2 minggu. Jika akarnya sudah mempunyai panjang 5 mm - 1 cm. Stroberinya harus sudah siap agar dipindahkan ke media lainnya seperti polybag atau pot.

Baca Juga : 6 Cara Menanam Semangka Untuk Pemula Agar Hasilnya Melimpah

2. Proses Penanaman Bibit Stroberi dan Panen

Sumber foto : Thekiwicountrygirl.com

Apabila bibit stroberi yang disemaikan telah siap, maka Anda bisa bisa segera untuk memindahkannya ke wadah lain atau juga bisa di polybag atau pot.  Kemudian cabutlah dengan hati-hati dari tisunya lalu dimasukkan ke dalam lubang media tanaman. Anda cukup isi 2 benih saja dalam satu polybagnya. Saat pemindahan, pastikan secara perlahan dan hati-hati supaya akarnya tidak rusak.

Disamping itu, proses penanaman yang baik pun dilakukan di pagi hari supaya benihnya tidak akan layu. Di bagian atas, Anda bisa tutupi dengan abu sekam. Tujuannya adalah supaya buah stroberi nya tidak mudah membusuk. Terakhir, lakukanlah penyiramannya hingga dua kali sehari secara rutin sampai buahnya berbuah. Jika sudah berbuah dan matang, barulah bisa Anda panen.

Baca Juga : Jual Bibit Tanaman Alpukat Aligator

Jadi itulah cara menanam stroberi dari biji yang sangat mudah dan sobat Web.agroloka.com pun juga bisa melakukannya dari rumah. Anda harus mengecek polybagnya secara berkala untuk memastikan tidak ada hama dan hewan liar yang menempel di buah stroberinya. Sehingga Anda pun bisa mendapatkan buah stroberi yang berkualitas dan bagus.

Kontak :

Untuk mengirim pesan silahkan gunakan tombol dibawah ini.

WhatsApp Via SMS