5 Cara Menanam Bawang Putih agar Hasil Panen Memuaskan

Sumber foto : Gardeningknowhow.com

Bawang putih adalah bumbu dapur yang harus selalu ada. Harga bawang putih sangat bergantung pada kondisi pasar. Sehingga tak mengherankan apabila harganya bisa saja naik sewaktu-waktu. Nah untuk mengatasi hal tersebut, solusinya adalah dengan mengetahui cara menanam bawang putih sendiri di rumah.

Penanaman bawang putih tidak memerlukan lahan yang luas. Anda bisa memanfaatkan pekarangan rumah, maupun menggunakan media pot dan polybag. Bawang putih juga bisa ditanam secara hidroponik asalkan dengan perawatan yang tepat dan benar. Sehingga sangat cocok dibudidayakan dalam skala rumahan.

Baca Juga : Tips Cara Menanam Sayur Bayam dari Bibit sampai Panen

Cara Menanam Bawang Putih yang Mudah

Cara menanam bawang putih cukup simple. Sebagai pemula, Anda dapat menggunakan tahapan dari Web.agroloka.com berikut ini sebagai pedoman.

1. Persiapan Bibit

Sumber foto : Thegardengranny.com

Untuk menanam bawang putih Anda perlu menyiapkan bibitnya. Bibit bisa didapatkan dengan membeli di toko pertanian, atau menggunakan bawang putih langsung. Bawang putih baik yang sudah maupun belum bertunas bisa dipakai sebagai bibit.

Bawang putih yang belum bertunas bisa dikupas kulitnya layaknya saat akan digunakan untuk memasak. Sedangkan bila ingin menumbuhkan tunasnya dulu, Anda bisa menyimpan bawang putih di dalam kulkas selama 1-2 minggu. Bila tunasnya sudah tumbuh, itu berarti bibit telah siap untuk ditanam.

2. Persiapan Media Tanam

Selain mempersiapkan bibit, hal penting selanjutnya yang perlu Anda persiapkan adalah media tanam. Media tanam inilah yang akan menentukan seberapa baik pertumbuhan bibit menjadi tanaman bawang putih siap panen. Tanah yang digunakan bukanlah tanah liat seperti untuk tanaman lainnya, melainkan menggunakan jenis tanah berpasir.

Syarat bawang putih dapat tumbuh dengan maksimal ialah menggunakan tanah yang sudah dicampur pasir. Untuk membuatnya, Anda memerlukan tanah gembur, pasir dan pupuk kandang. Ketiganya dicampur dengan perbandingan 1:1:1. Pastikan pencampuran telah rata sebelum dimasukkan ke dalam pot atau polybag. Anda bisa mempertimbangkan untuk menambahkan sekam padi agar media tanam menjadi lebih subur.

Baca Juga : Cara Budidaya Cabe Rawit dalam Polybag Terbukti Berhasil

3. Penanaman ke Pot

Sumber foto : Thegardengranny.com

Tahap dari Web.agroloka.com selanjutnya adalah penanaman. Pot atau polybag yang digunakan adalah yang berukuran sedang. Untuk jumlahnya bisa disesuaikan berdasarkan kebutuhan. Isi pot dan polybag dengan media tanam yang sudah dipersiapkan sebelumnya.

Kemudian untuk penanaman bibit, terlebih dahulu buatlah lubang sedalam 2-3 cm pada media tanam di pot atau polybag. Lalu tanam bibit bawang putih dengan bagian lancip atau tunas menghadap atas. Tutup dengan tanah, sisakan bagian tunas. Satu pot bisa Anda tanam lebih dari satu siung. Pastikan beri jarak 10 cm antar siung dan 10 cm dari tiap sisi pot.

Lantas lakukan penyiraman secukupnya agar media tanam menjadi lembab. Anda bisa gunakan sprayer untuk menghindari genangan air di pot atau polybag. Terakhir, tempatkan di area yang mendapatkan paparan sinar matahari yang cukup.

4. Perawatan Tanaman Bawang Putih 

Seperti bertani pada umumnya, setelah penanaman, Anda hanya perlu melakukan perawatan hingga tanaman siap panen. Jika Anda menempatkan pot di dalam rumah, pastikan untuk menyiramnya rutin setiap hari agar kelembaban tanah terjaga. Selain itu jangan lupa beri pupuk pada tanaman, gunakan pupuk organik dengan frekuensi seminggu sekali.

Umumnya daun tanaman bawang akan mulai muncul dalam 2 minggu. Tanaman juga akan mulai meninggi yang bisa saja mengundang hama dan penyakit datang. Pastikan untuk segera menyingkirkan hama dan mencegah penyakit bila dirasa tanaman mulai menunjukkan tanda-tanda ganjil.

Baca Juga : Panduan Cara Menanam Biji Apel dari Awal yang Baik dan Benar

5. Pemanenan

Sumber foto : Reformationacres.com

Budidaya bawang putih memiliki durasi yang terbilang cukup singkat. Dengan perawatan yang tepat dan sesuai, Anda sudah bisa memanen bawang putih saat berusia 90-100 hari atau sekitar 3 bulan sejak penanaman.

Panen ditandai dengan daun bawang putih yang semakin panjang, bagian tengah daun yang mulai menguning serta daun-daunnya yang mulai kering. Cabut tanaman, lalu bersihkan bawang putih dari sisa-sisa tanah yang menempel menggunakan sikat. Kemudian gantung bawang putih di area sejuk untuk dikeringkan selama seminggu.

Demikian penjelasan mengenai cara menanam bawang putih sendiri di rumah hingga panen dari Web.agroloka.com. Semoga bermanfaat dan selamat menanam!

Kontak :

Untuk mengirim pesan silahkan gunakan tombol dibawah ini.

WhatsApp Via SMS