Panduan Cara Menanam Buncis di Polybag Lengkap dan Mudah

buncis
Sumber foto : Gardendesign.com

Buncis adalah salah satu jenis tanaman kacang-kacangan dan menjadi salah satu sayur yang banyak dikonsumsi di Indonesia. Bagi yang suka sekali dengan buncis bisa menanamnya sendiri di rumah lho. Meski tidak memiliki lahan yang luas, Anda bisa menggunakan polybag untuk tempat penanamannya. Cara menanam buncis di polybag juga sangat sederhana dan tentunya mudah.

Baca Juga : 6 Tips Cara Menanam Timun Agar Subur dan Berbuah Lebat

Cara Menanam Buncis di Polybag

Ada beberapa hal penting yang perlu dilakukan untuk bisa menanam buncis di polybag. Mulai dari persiapan hingga masa panen, semua prosesnya harus dilakukan dengan runtut dan benar. Berikut ini adalah ulasan lengkapnya dari web.agroloka.com:

1. Lakukan Persiapan

Saat memutuskan untuk memiliki tanaman buncis sendiri di rumah maka perlu adanya persiapan yang matang. Mulai dari peralatan dan perlengkapan serta bahan utamanya. Bibit buncis adalah unsur utama di sini yang perlu diperhatikan.

Menyiapkan bibit buncis yang berkualitas, lahan atau media tanam untuk bercocok tanam, hingga pupuk dan peralatan yang bisa membantu proses bercocok tanam harus disiapkan di awal. Bagi yang ingin menanam di polybag maka harus menyiapkan yang ukuran diameternya 23 cm dengan tinggi 30 cm. Jika tidak bisa menggunakan ember bekas.

Baca Juga : Langkah-Langkah Cara Menanam Cabai dari Awal untuk Pemula

2. Media Tanam

Jika bibit, peralatan, dan perlengkapan sudah siap maka langkah selanjutnya adalah menyiapkan media tanam. Cara menanam buncis di polybag ini memerlukan campuran tanah dengan pupuk kompos dengan perbandingan 1:1. Tambahkan juga furadan sekitar 4 sampai 5 sendok makan atau menyesuaikan dengan ukuran polybagnya. Setelah itu campur dengan cara mengaduknya menggunakan sekop sampai semua media tanam sudah rata. Masukkan media tanam tadi ke dalam polybag dan siram dengan air secara merata.

3. Menanam

Saat media tanam sudah siap maka langsung saja ke tahap selanjutnya dari web.agroloka.com yaitu menanam benih buncis maksimal 4 biji dalam satu polybag. Pastikan menanam bibit dengan kedalaman 3 cm lalu menutupnya dengan tanah secukupnya saja jangan terlalu tebal.

4. Perawatan

Jika semua media tanam sudah terisi dengan benih buncis, maka selanjutnya tinggal merawatnya dengan benar. Siram secara rutin setiap pagi dan sore hari pada saat awal menanam. Jika sudah tumbuh lakukan penyiraman air setiap hari satu kali saja. Agar buncis tumbuh dengan lebat, sehat, dan kuat pastikan untuk memberikan pupuk.

Pemupukan bisa dilakukan pada tanaman buncis yang sudah memasuki usia dua minggu. Gunakan pupuk NPK sebanyak dua sendok makan. Jika tanaman sudah berbuah lakukan pemupukan satu kali saja setiap minggunya. Cara pemberian pupuk bisa dengan membuat parit melingkar lalu menyebarkan pupuk dan menutup kembali dengan tanah dan siram lagi tanahnya sampai merata.

Perawatan lain yang harus dilakukan adalah penyiangan. Hal ini perlu dilakukan minimal 2 minggu sekali. Cek tanaman buncis apakah ada tanaman lain yang tumbuh atau tidak. Jika ada tanaman lain yang mengganggu segera siangi agar tidak mengganggu pertumbuhan si buncis.

Baca Juga : Cara Menghitung Jarak dan Kebutuhan Tanaman

5. Proses Memanen

Setelah tanaman buncis ditanam dan dirawat, jika sudah berusia 45 hari tanaman tersebut sudah siap untuk dipanen. Ciri-ciri tanaman buncis yang sudah siap untuk dipanen adalah memiliki buah yang lebat, warnanya berubah lebih gelap.

Mudah bukan cara menanam buncis di polybag dari web.agroloka.com? Dengan menggunakan polybag tentu ini sangat membantu sekali bagi pemilik lahan sempit. Tetap bisa menghasilkan tanaman buncis yang berkualitas. Cara ini bisa juga dipraktekkan bagi yang ingin mulai mencoba berjualan buncis. Selamat menanam!

Kontak :

Untuk mengirim pesan silahkan gunakan tombol dibawah ini.

WhatsApp Via SMS