Panduan Cara Menanam Biji Apel dari Awal yang Baik dan Benar

Sumber foto : Overtheappletree.blogspot.com

Tanaman apel adalah salah satu jenis tanaman yang dapat ditanam dari bijinya. Cara menanam biji apel cukup mudah, akan tetapi memang membutuhkan waktu yang cukup lama daripada menanam dengan cara vegetatif. Seperti menanam tanaman berbuah pada umumnya, Anda membutuhkan bahan dan peralatan penunjang yang memadai.

Sebenarnya tanaman apel tidak perlu membutuhkan lahan kebun yang luas. Sebab, Anda sudah bisa menumbuhkannya di pekarangan rumah. Nah untuk mengetahui tata cara lengkapnya, simak penjelasannya dari web.agroloka.com berikut ini.

Baca Juga : 6 Cara Menanam Semangka Untuk Pemula Agar Hasilnya Melimpah

Langkah Cara Menanam Biji Apel Sampai Berhasil

Ada dua cara untuk menanam apel, yakni secara generatif dan vegetatif. Sebagian besar orang menyukai cara vegetatif yakni stek karena dinilai memiliki proses yang cepat dan tingkat keberhasilan yang tinggi. Meski begitu, tak ada salahnya menanam dari biji dimana nantinya Anda akan mendapatkan tanaman apel yang utuh mulai dari akar hingga pucuk daunnya.

Untuk cara generatif menanam apel, berikut langkah-langkahnya:

1. Penyemaian

Sumber foto : Thesurvivalgardener.com

Sebelum melakukan penyemaian, Anda harus mempersiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan. Adapun bahan yang diperlukan adalah buah apel. Lalu untuk peralatannya membutuhkan piring, pisau, boks kecil yang mempunyai tutup (bisa juga toples) dan tisu. Kemudian lakukan penyemaian dengan membelah buah apel yang sudah disediakan menjadi 2 bagian, dan ambil bijinya menggunakan pisau. Taruh biji tersebut di atas piring.

Setelahnya lipat tisu pada tutup boks kecil atau toples, dan percikkan sedikit air supaya tisu menjadi lembab. Tempatkan biji apel tadi ke atas tisu tersebut, atur sedemikian rupa supaya rapi dan berjarak antara satu biji dengan lainnya.

Biji apel kemudian ditutup dengan tisu lainnya dan masukkan ke boks kecil lalu tutup rapat. Tempatkan di area yang sejuk, tidak terkena sinar matahari langsung dan jangan di kulkas, biarkan selama 15 hari hingga pecah kecambah. Apabila dalam 15 hari belum pecah kecambah, simpan kembali biji apel supaya cepat tumbuh.

Baca Juga : Cara Menanam Wortel yang Baik dan Benar Agar Mudah Panen

2. Pemindahan Benih ke Pot

Sumber foto : Instructables.com

Jika biji apel yang disemai telah pecah kecambah, maka saatnya Anda mengikuti cara web.agroloka.com yaitu dengan memindahkannya ke pot. Persiapkan pot plastik ukuran sedang, lalu isi dengan media berupa tanah gembur. Untuk menanam benih, buatlah lubang kecil di tanah bagian tengah lalu masukkan benih dengan hati-hati. Lalu tutup benih dengan tanah, tepuk-tepuk lembut supaya tanah menjadi padat.

Siram bagian benih dengan air secukupnya. Pastikan air tidak sampai menggenang. Sehingga akan lebih aman menggunakan spray untuk menyiramnya. Lakukan penyiraman rutin dua kali sehari pada pagi dan sore supaya tanah dalam kondisi lembab. Jangan lupa untuk tempatkan pot di area yang terkena sinar matahari agar pertumbuhan benihnya maksimal.

Baca Juga : Panduan Cara Menanam Buncis di Polybag Lengkap dan Mudah

3. Pemindahan Bibit ke Lahan

Sumber foto : Northernnester.com

Karena apel memiliki tanaman dengan ukuran besar dan akar yang panjang, maka bila benih sudah terlihat tumbuh menjadi tanaman muda, Anda sudah bisa memindahkannya ke lahan yang lebih luas.  Namun perlu diingat untuk memindahkannya saat tanaman sudah mencapai ukuran tinggi 25 cm. Mengingat pada usia muda, bagian akar, batang dan daunnya masih rentan mati, sehingga baru bisa dipindahkan saat kondisinya sudah kuat.

Adapun hal-hal yang harus diperhatikan saat memindahkan tanaman apel muda ke lahan antara lain:

  • Lahan memiliki pH netral dan dalam kondisi lembab.
  • Akan lebih baik bila lahan yang digunakan tidak ada penghalang sehingga nantinya tanaman bisa mendapatkan pencahayaan penuh serta upayakan untuk menghadap ke arah timur.
  • Terdapat ruang yang luas untuk pertumbuhan akar pohon apel.
  • Jika menanam lebih dari satu pohon apel, pastikan beri jarak 5 meter setiap pohon.
  • Pohon apel kecil disiram rutin sebanyak 10-12 kali setiap hari. Intensitas penyiraman dapat dikurangi saat pohon semakin besar.
  • Jangan lupa berikan pupuk NPK 10-10-10, dan pantau untuk menghindari hama dan penyakit.

Demikian penjelasan mengenai cara menanam biji apel dari awal sampai berbuah dari web.agroloka.com. Umumnya, tanaman apel akan berbuah pada bulan ke 4 atau 5, tergantung pada jenis tanaman dan perawatan yang Anda lakukan. Anda bisa memanen apel tersebut dengan baik pada bulan tersebut. Semoga bermanfaat dan selamat menanam!

Kontak :

Untuk mengirim pesan silahkan gunakan tombol dibawah ini.

WhatsApp Via SMS