Langkah-Langkah Cara Menanam Cabai dari Awal Untuk Pemula


Sumber foto : Mb.com.ph

Cabai adalah salah satu bahan makanan yang menjadi favorit orang Indonesia. Rasa pedas yang dihasilkan sangat disukai karena bisa menggugah selera makan. Bagi Anda yang memiliki rencana atau keinginan untuk memiliki kebun cabai sendiri, ada cara menanam cabai yang perlu diketahui. Setiap langkahnya sangat mudah dan tidak memakan waktu yang lama. Yuk, simak ulasannya berikut ini!
Baca Juga : 5 Keuntungan Menggunakan Bibit Cabe, Tomat, dan Terong Siap Tanam

Cara Menanam Cabai Sendiri

Ada beberapa langkah dalam menanam cabai sendiri. Langkah dimulai dari mencari dan menyiapkan benih cabai berkualitas, proses menyebar benih, hingga nanti cara memanennya juga harus dilakukan dengan benar. Berikut adalah tahapan selengkapnya:

1. Menyiapkan Benih Cabai

Agar bisa menanam cabai Anda perlu menyiapkan bibit yang terbaik dan berkualitas. Untuk bisa mendapatkan biji cabai yang baik maka harus mengambilnya dari cabai yang berkualitas. Setelah biji cabainya diambil maka setelahnya dijemur sampai kering. Bisa juga dengan langsung membeli bibit cabainya saja yang ada di toko pertanian.

2. Menabur Benih

Setelah benih sudah siap, langkah selanjutnya adalah menyemai atau menaburkannya. Untuk proses menabur yang benar maka siapkan media tanam lebih dulu yaitu tanah dengan pupuk kandang dengan perbandingan 3:1. Kemudian biarkan dulu sampai 1 minggu.

Jika sudah 7 hari selanjutnya rendam bibit di air hangat lalu tempatkan benih di media tanam dengan kedalaman 1 cm lalu tutup kembali dengan tanah tadi. Tunggu sampai ada kecambah tumbuh baru jemur tanaman cabai tersebut di bawah sinar matahari langsung.

Baca Juga : Cara Membuat Bibit Cabe Rawit dan Menanam dalam Pot atau Polybag

3. Proses Menanam

Bibit cabai yang sudah berusia 4 minggu bisa dipindahkan ke tanah yang memiliki humus dan kaya sumber nutrisi atau tanah yang subur. Pastikan juga tempat bercocok tanam cabai ini mendapatkan cukup sinar matahari langsung. Jika ingin menggunakan polybag maka perlu yang diameternya 30 cm ke atas dengan media tanah, pupuk dan sekam yang sudah dicampur, dimana perbandingan media tanamnya 3:2:1.

4. Memberi Pupuk

Cara menanam cabai yang selanjutnya adalah memberikan pupuk. Fungsi dari pemupukan ini untuk memaksimalkan pertumbuhan tanaman cabai. Cabai bisa lebih lebat dan sehat. Lakukan ini minimal satu bulan sekali, lalu pemupukan kedua lakukan satu bulan setelah pemupukan pertama, dan lakukan pemupukan lagi setiap panen. Gunakan pupuk organik atau kompos dan sesekali diberi juga pupuk cair.

Baca Juga : Cara Menanam Cabe ( Panduan Menanam Merawat Memupuk dan Mengobati Cabai dari Awal Tanam sampai Panen )

5. Perawatan Tanaman Cabai

Selama proses perawatan, tanaman cabai yang sudah dipupuk harus disiram dengan air cukup setiap hari. Pemberian air harus lebih banyak ketika musim kemarau jika tidak tanaman cabai akan mengering dan mati. Agar bisa lebih terkontrol, pemberian air bisa dilakukan dengan cara irigasi menggunakan bocoran atau bisa dengan merendam bedengan setiap dua minggu sekali.

Ketika melakukan penyiraman perhatikan juga di media tanam cabai ada tanaman lain yang tumbuh atau tidak. Jika ada tanaman lain maka harus segera dicabut agar tidak mengganggu pertumbuhan si cabai tadi. Jadi lakukan pengecekan dan penyiangan secara intens untuk menjaga kondisi tanaman cabe itu sendiri.

Baca Juga : Jual Bibit Cabe Siap Tanam Bibit Tomat dan Bibit Terong

6. Proses Memanen

Jika sudah menanam dan merawat tanaman cabai dengan baik maka akan tiba masa panen. Waktu panen cabe bisa berlangsung selama enam bulan untuk cabai besar dan 24 bulan untuk cabai rawit. Jadi satu tanaman cabai bisa mempunyai masa panen 15 hingga 18 kali. Saat yang tepat memanen cabai adalah pagi hari. Caranya dengan memetik buah hingga ke tangkainya. Pastikan cabai yang akan dipetik berbentuk ramping dan padat.

Nah, itu dia sedikit ulasan cara menanam cabai yang bisa dicoba sendiri di rumah. Penanaman cabai ini juga bisa dilakukan pada media polybag. Jadi, untuk Anda yang ingin memiliki tanaman cabai sendiri di rumah bisa mencobanya sesuai dengan langkah-langkah di atas.

Kontak :

Untuk mengirim pesan silahkan gunakan tombol dibawah ini.

WhatsApp Via SMS