Cara Menanam Wortel yang Baik dan Benar Agar Mudah Panen

Sumber foto : Masterclass.com

Wortel adalah salah satu sayur yang memiliki kandungan vitamin A tinggi sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Tidak heran jika wortel selalu menjadi sayuran yang wajib ada untuk konsumsi harian. Sekarang ini budidaya tanaman wortel sudah semakin banyak, bahkan sekarang bisa dilakukan di rumah. Nah, jika Anda ingin menanam sendiri sayuran yang kaya manfaat ini, yuk simak cara menanam wortel berikut ini!

Panduan Cara Menanam Wortel

Menanam wortel sangat mudah dan menyenangkan. Wortel jika ditanam dengan cara yang baik dan benar akan cepat tumbuh dan memiliki kualitas yang bagus. Mari simak langkah-langkah menanam wortel yang baik berikut ini:

1. Menyiapkan Bibit

Sumber foto : Shopee.co.id


Hal paling pertama yang harus dilakukan untuk bisa memiliki tanaman wortel sendiri di rumah adalah menyiapkan bibit wortel yang berkualitas. Ini bisa dilakukan dengan cara membeli bibit di toko pertanian atau membuat sendiri dari indukan yang unggul. Jika membeli di toko pertanian, mintalah bibit wortel yang unggul dan tahan penyakit serta hama.

2. Pembenihan

Setelah bibit wortel yang baik dan berkualitas sudah ada dan siap, maka selanjutnya adalah melakukan teknik pembenihan. Caranya adalah dengan merendam bibit wortel yang sudah disiapkan ke dalam pupuk cair organik selama setengah jam. Lakukan perendaman itu tepat sebelum bibit ditanam. Cara tersebut bertujuan untuk menumbuhkan wortel lebih cepat serta tidak mudah terkena penyakit.

Perendaman itu juga bisa membuat tanaman wortel jadi lebih seragam. Namun perlu diperhatikan pupuk organik yang digunakan memiliki kandungan antibiotik alami yang nanti bisa melawan hama tanaman.

3. Siapkan Media Tanam

Sumber foto : Infoagribisnis.com


Cara menanam wortel yang selanjutnya adalah menyiapkan media tanam. Media yang digunakan adalah tanah yang gembur dan dicampur dengan pupuk kandang atau pupuk kompos. Setelah itu, siapkan juga bedengan dengan lebar 100 cm dan tinggi 30cm dengan jarak 50 cm per bedengan.

4. Proses Menanam

Menanam wortel jauh lebih mudah daripada menanam sayur lain. Pertama adalah menanam bibit wortel yang sudah disiapkan pada bedengan yang sudah dibuat sebelumnya. Lalu tutup bibit dengan pupuk kompos dengan ketebalan 1 cm. Agar air tidak menggenang ketika hujan, bisa dengan cara menggunakan daun pisang. Jaga kelembaban tanah dengan melakukan penyiraman secara rutin.
 
Perlu diketahui kalau ingin melakukan budidaya wortel sebaiknya menggunakan daerah dengan iklim basah yang agak lama. Setidaknya masa kering hanya satu setengah bulan per tahun. Selain itu saat menanam wortel perlu juga memperhatikan pencahayaan pada tanaman tersebut, minimal wortel harus terkena sinar matahari langsung selama 10 jam per hari.

5. Memanen

Sumber foto : Koran-jakarta.com


Dalam waktu dua minggu daun wortel akan mulai terlihat di permukaan tanah. Setelah itu, tunggu lagi sampai dua minggu dan selanjutnya wortel sudah bisa dipanen. Akan lebih baik jika memanen wortel ketika sudah masuk usia 45 hari lebih matang lagi jika sudah 60 hari. Namun jangan sampai memanen wortel lebih dari 60 hari karena nanti kualitasnya menurun.
Nah, mudah bukan cara menanam wortel? Jika bisa memiliki tanaman wortel sendiri akan lebih hemat ketika ingin memasak menggunakan sayur ini. Wortel sendiri sudah manis sehingga bisa langsung dikonsumsi bisa juga diolah dulu. Jus wortel dicampur dengan apel dan bahan makanan lain akan sangat menyehatkan. Rasanya pun sangat enak. Bahkan wortel ini bisa juga dimakan sebagai pendamping steak dengan cara direbus saja. Rasa manisnya pas dan lezat. Yuk coba tanam sendiri sayur wortel di halaman rumah, pasti menyenangkan!

Kontak :

Untuk mengirim pesan silahkan gunakan tombol dibawah ini.

WhatsApp Via SMS