Manfaat Buah dan Daun Mengkudu ( Pa Ce )


mengkudu


Taukah Anda bahwa tanaman mengkudu atau sebagian orang menyebutnya dengan pa ce adalah tanaman yang serba guna. Tanaman mengkudu ini dapat Kita gunakan sebagai penghias rumah atau dapat Kita tanam secara khusus seperti dilahan kering tegalan.

Bagian terpenting yang dapat kita manfaatkan adalah daun dan buahnya.

Daun mengkudu mempunyai rasa atau aroma yang agak langu atau sedikit pahit, tapi tahu kah Anda bahwa daun mengkudu ini banyak mengandung Vitaamin A yang setara dengan daun kacang panjang, daun katuk, daun singkong, wortel, dan daun pepaya.

Baca juga : Manfaat daun pepaya

Hasil dari penelitian menunjukan, zat penting yang terkandung didalam buah mengkudu adalah terpenoid, pewarna, anti bakteri, asam glukuronat, galaktosa, arabinosa, rhamnos, nutrisiskopoletin, zat anti kanker, dan xeronine serta proxeronine.

Daun mengkudu bisa kita manfaatkan sebagai sayuran, antaralain pepes daun mengkudu, urap, gilai dan lalapan matang. Atau hanya dengan direbus lalu dimakan dengan sambal.

Buah mengkudu dapat diolah mejadi saribuah mengkudu dan dodol mengkudu.

Daun yang masih muda berkhasiat sebagai anti kanker, obat peluruh empedu, sakit ginjal, hipertensi, luka, masuk angin (sebagai tapal di perut), disentri, diabetes militus, jantung koroner, kolesterol tinggi, dan dapat meningkatkan stamina.




Kontak :

Untuk mengirim pesan silahkan gunakan tombol dibawah ini.

WhatsApp Via SMS