Cara Perawatan dan Budidaya Jamur Tiram

rak jamur tiram
Rak Bentuk Membanjar

Di dalam budidaya jamur tiram hal utama yang perlu di persiapkan adalah mempersiapkan kumbung dan rak-rakan.

Ada berbagai bentuk rak-rakan untuk peletakan media baglog jamur tiram yaitu bentuk membanjar dan bentuk tatanan berdiri, namun selama kami membudidayakan jamur tiram ini akan lebih efektif dan efisien dengan tatanan membanjar, karena nantinya selain pada tutup akan tumbuh jamur pada bagian belakang juga bisa tumbuh yaitu dengan cara melubangi pada bagian belakang baglog.

Untuk menjaga kelembapan lingkungan kumbung, yaitu dengan cara menyemprotkan air pada bagian baglog dan penyemprotan ini cukup dilakukan dengan air bersih saja tanpa campuran apapun tapi, hal itu jika kelembapan didalam kumbung terlalu panas, dan jika kelembapan stabil maka tidak perlu lagi dilakukan penyemprotan.

Derajat yang disarankan untuk ruangan kumbung yaitu jagan lebih dari 28-30 C.

jamur tiram


Perawatan baglog

Setelah baglog tumbuh jamur maka kita harus memanen jamur tersebut, untuk memanenya yaitu dengan cara mencabut atau MBEDUL (bahasa Jawa).

Pada saat mencabut jangan sampai ada yang tersisa bagian bonggol jamurnya, karena kalau masih tersisa maka akan menyebabkan pembusukan pada batang yang tersisa tersebut dan mengakibatkan datangnya hama ulat yang memakan sisa dari bonggol tersebut.

Jika terjadi hal diatas ( sisa bonggol dan membusuk ), maka perlu dilakukan pencungkilan pada bagian yang busuk tersebut dengan mengunakan pisau/cutter yang bersih agar tidak terkontaminasi.

Apabila masih terdapat ulat maka perlu disemprot dengan mengunakan bawang putih, yaitu dengan cara dilumatkan dan disaring (cara organik), apabila yang tidak organic maka dengan insektisida maksimal dengan kadar 35EC agar nantinya jamur tetap tumbuh normal.

Untuk Anda yang membutuhkan baglog jamur tiram silahkan baca : Jual Log Bibit Jamur Tiram di Magelang

Kontak :

Untuk mengirim pesan silahkan gunakan tombol dibawah ini.

WhatsApp Via SMS