Mengenal Transpotasi Pada Batang Tumbuhan


Transpotasi Pada Batang



Pada batang dikotil dan monokotil terdapat jaringan pengangkut yang berbeda.

a. Pada batang dikotil terdapat lapisan epidermis, jaringan korteks, lapisan floeterma, dan silinder pusat. Dengan susunan sebagai berikut :

- Lapisan epidermis merupakan lapisan luar yang terdiri dari selapis sel yang tersusun sangat rapat. Jaringan korteks terdapat di bawah epidermis yang terdiri dari ronga-ronga udara untuk pertukaran gas.

- Lapisan endodermis terletak diantara korteks dan silinder pusat, karena pada lapisan endodermis pada batang biasanya mengandung zat tepung maka endodermis pada batang sering disebut juga sarung tepung.

- Silinder pusat adalah lapisan yang terletak pada bagian dalam, dan terdapat jaringan pengangkut yang diatur dalam lingkaran dengan susunan, dibagian luar pembuluh lapis (floem) dan dibagian dalam adalah pembuluh kayu (xilem). Diantara keduanya terdapat kambium yang selalu membelah dan membentuk pembuluh-pembuluh lapis baru keluar dan menbentuk pembuluh-pembuluh kayu kedalam. Kegiatan kambium ini yang menyebabkan batang dikotil dapat menjadi besar.

b. Pada batang monokotil, tidak terdapat kambium. Setiap berkas pembuluh terdiri atas pembuluh kayu dan pembuluh tapis yang letaknya tersebar tidak beraturan. Dan karena batang monokotil tidak mempunyai kambium maka batang tidak dapat membesar dan hanya bisa memanjang.
Pembuluh kayu dari akar kebatang sampai kedaun semuanya merupakan pembuluh kapiler. Oleh karena sifat kapilaritas pembuluh maka air dan garam mineral yang terlarut didalamnya dapat naik keatas.

Kontak :

Untuk mengirim pesan silahkan gunakan tombol dibawah ini.

WhatsApp Via SMS