Bagian atau Struktur Transpotasi Pada Akar Tumbuhan


transpotasi pada akar

Apabila kalian akan mencabut akar maka kalian harus hati-hati, karena ujung-ujung akar sangatlah lunak dan mudah sekali rusak.

Ujung akar terdiri atas sel-sel muda yang merupakan titik tumbuh dan selalu membelah. karena mudah sekali rusak, ujung akar mempunyai pelindung yang disebut tudung akar.

Akar tumbuhan mengambil air didalam tanah serta garam-garam mineral serta zat hara lainya melalui bulu-bulu akar.

Penyerapan larutan melalui bulu-bulu akar disebut osmosis. bulu akar merupakan tonjolan tonjolan dari kulit luar (epidermis). epidermis terletak pada dekat ujung akar. selain epidermis terdapat pula kulit utama (korteks dan silinder pusat).

Dari bulu-bulu akar, air, garam-gram mineral, dan zat hara lainya akan masuk kedalam kulit pertama(korteks), selanjutnya akan masuk menuju bagian tengah akar, yaitu silinder pusat. Pengatur jalanya air atau larutan dari tanah sampai ke silinder pusat dilakukan oleh endodermis.

Endodermis adalah bagian di antara kulit pertama dan silinder pusat yang tersusun oleh hanya selapis sel. Pada silinder pusat terdapat jaringan pengangkut yaitu pembuluh kayu atau xilem yang akan mengangkut larutan naik kebagian batang. Air atau larutan dapat naik karena didorong oleh akar.

Kontak :

Untuk mengirim pesan silahkan gunakan tombol dibawah ini.

WhatsApp Via SMS