Gunung Sikapat Bukit Sikapat


gunung sikapat

Mungkin belum banyak yang tau, kalo di magelang itu ada namanya Bukit Sikapat atau biasa orang-orang sekitar menyebutnya dengan Gunung sikapat Letak geografisnya berada di Desa Wadas kecamatan Kajoran, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Awalnya bukit ini lebih terkenal ikut wilayah Desa Bangsri, karena sebelum tempat ini banyak pengunjung dan mulai kondang, jalur pendakiannya hanya melalui Desa Bangsri.

Di puncak tempat ini terdapat petilasan Kiyai Raden Soleh, yang menurut cerita beliau berasal dari Kraton Yogyakarta.

makam di gunung sikapat

Pada tanggal 1 Muharam ( 1 Suro ) tempat ini sangat ramai pengunjung, mereka datang dari desa-desa sekitar dan kecamatan-kecamatan lain seperti Tempuran, Salaman, Bandongan dll.

Awalnya petilasan ini hanya berupa gundukan yang menyerupai kuburan biasa tapi, sekarang sudah di bangun rumah / cungkup (bahasa jawa) dan bentuk kuburannya pun sudah mengunakan keramik.

cungkup di sikapat

Jalur Pendakian
Sekarang ini ada tiga jalur pendakian untuk mencapai puncak bukit.

1. Desa Bangsri
Melalui desa inilah cikal bakal pendakian, yaitu melewati tengah perkampungan warga, dan nantinya lewat jalur ini, kita akan bertemu dengan jalur pendakian yang melalui Dusun Mangundadi.

2. Desa Wadas
setiap tahunnya pengunjung ramai mendatangi bukit sikapat ini untuk berziarah kubur maka di bukalah jalur pendakian melalui desa Wadas.

3. Melalui jalan yang menuju dusun Mangundadi, Desa Krinjing, lewat jalan inilah pemandangan sekeliling terlihat bagus, terdapat hutan mahoni ( Mahogandi ) dan rimbunnya pohon pinus di kanan kiri jalan.

pohon mahoni

pohon pinus

Lewat jalan ini kita bisa mengunakan sepeda motor, untuk melanjutkan perjalanan kita hanya butuh waktu kurang lebih 15 menit untuk mencapai puncak dengan berjalan kaki.

tempat parkir gi gunung sikapat

Setelah sampai dipuncak kita akan akan tebayar dengan disuguhi pemandangan yang bagus, seperti melihat kota Magelang dengan gunung tidarnya, atau Kesebelah barat kita akan melihat gunung sumbing yang menjulang tinggi.

gunung sumbing

pemandangan dari gunung sikapat

Reco Kemen / Watu Celeng (Arca Babi)

reco kemen

Batu ini terletak pada jalur pendakian dari desa Wadas, Menurut cerita mitos, dulu batu ini berbentuk seperti babi hutan, dan setiap kali didorong / dijatuhkan kebawah maka akan balik lagi ketempat asalnya, dan katanya (masih menurut mitos juga) batu ini mempunyai kasiat penyembuh terhadap hewan-hewan yang tingal di sikapat ini, misalkan ada hewan yang terluka atau terkena tembak, maka hewan tersebut akan mendatangi batu ini untuk menyembuhkan diri.

Gimana kamu tertarik untuk datang ketempat ini?.
Sebaiknya pada tanggal satu suro, rame-rame lebih asik lho.

Kontak :

Untuk mengirim pesan silahkan gunakan tombol dibawah ini.

WhatsApp Via SMS