Cara Merawat Bonsai Beringin


cara merawat bonsai


Kemaren admin telah membahas bagemana cara membuat bonsai pohon beringin dan untuk melanjutkan postingan tersebut, sekarang admin mau membahas cara merawat bonsai pohon beringin.

Merawat bonsai dibutuhkan kesabaran dan ketlatenan tapi, kalo sudah urusan dengan hobi biasanya semua itu tidak masalah, ya ngak ??.

cara merawat bonsai pohon beringin

Langsung saja ke tkp, dalam merawat bonsai yang perlu dilakukan adalah :

1. Penyiraman
Pada musim kemarau bonsai sebaiknya kita siram setiap hari, kalo admin biasa melakukanya setiap sore, kan enak tu sore-sore sambil nyiram tanaman yang lain, mata jadi fress dan pikiranpun jadi adem setelah seharian sibuk aktifitas.

penyiraman sebaiknya kita gunakan air yang bersih, dan tidak berbau.

2. Pemupukan
Pemupukan kita gunakan NPK dan urea, pupuk tersebut bisa kita campurkan langsung kedalam air, Pupuk daun juga bisa kita gunakan sebulan atau dua bulan sekali dengan cara menyemprotkannya, jangan keseringan karna nanti terlalu subur, terus namanya bukan bonsai donk.

3. Penyiangan
Penyiangan kita lakukan setiap tanaman liar tumbuh di media tanam, dan untuk menghindari tumbuhnya gulma disarankan untuk memberi lumut di permukaan media tanam.

Admin juga sudah menulis cara menumbuhkan lumut pada media tanam bonsai, dibaca juga ya.

4. Pemangkasan
Pemangkasan kita lakukan seperlunya saja, sesuai dengan selera dan keadaan bonsai.

5. Pelilitan kawat
Untuk mendapat kesan eksotis dan membentuk kesan luka pada batang maupun pohon, kita gunakan kawat untuk melilih batang bonsai.

6. Pembukaan kawat
Bisa kita lakukan setelah kawat tampak tenggelam atau masuk ke dalam batang, atau misalkan tidak kita bukapun tidak masalah, soalnya lambat laun sikawat ini akan tengelam kedalam kulit batang ataupun pohon bonsai tersebut, jangan dipaksa kalo sudah dalam, bisa jadi malah ikutan terkelupas kulitnya karena butuh waktu lama untuk pemulihan dari kulit yang terkelupas tersebut.

7. Penggantian pot
Pengatian pot kita lakukan jika akar sudah tumbuh padat, biasanya di tandai oleh keluarnya akar-akar dari atas atau lubang lubang pada pot.

Cara di atas juga bisa kita gunakan untuk merawat bonsai-bonsai yang lain, ngak cuman bonsai beringin saja.

Sekian dulu cara merawat bonsai kali ini, semoga bermanfaar untuk sobat semua.

Kontak :

Untuk mengirim pesan silahkan gunakan tombol dibawah ini.

WhatsApp Via SMS