Langkah-Langkah Cara Merawat Tanaman Pisang yang Benar

Sumber foto : Premiumtimesng.com

Siapapun pasti merasa sangat tertarik untuk mencari tahu cara merawat tanaman pisang. Pasalnya buah ini memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan sehingga sangat baik dikonsumsi setiap hari. Jika menanam dan merawatnya sendiri, tentu akan jauh lebih hemat daripada membelinya.

Budidaya pisang mungkin bukanlah sesuatu hal yang baru. Namun tetap saja masih banyak orang yang tidak tahu tentang perawatan pasca penanaman buah pisang ini. Sebab apabila Anda menginginkan hasil yang bagus, harusnya berikan perhatian yang rutin, rajin, dan cari tau cara-cara rahasianya.

Cara Merawat Tanaman Pisang yang Baik

Berikut adalah beberapa rahasia cara merawat tanaman pisang dari Web.agroloka.com yang harus Anda pahami:

1. Memastikan Air yang Tersedia Cukup

Sumber foto : Sumogardener.com

Apapun jenis tanaman yang ingin Anda tanamn, pastinya memerlukan air, meskipun memang jumlah kebutuhan air pada tiap tanaman berbeda-beda. Begitu juga dengan tanaman pisang., Anda harus pastikan dulu kalau air yang tersedia cukup untuk membantu pertumbuhan tanaman pisang. Jika kekurangan air, maka pisang tidak akan bisa tumbuh secara optimal.

Baca Juga : Pohon Pisang | Gambar Pohon Pisang | Manfaat Pohon Pisang

2. Membebaskan Pohon Pisang dari Gulma

Gulma adalah persoalan yang seringkali terjadi dalam budidaya buah pisang ini. Adanya rumput liar yang mengganggu pertumbuhan membuat anakannya jadi ikut terhambat, bahkan gulma bisa mengundang hama dan juga penyakit pohon pisang jika Anda tidak segera mengatasinya.

Untuk itu, Anda harus lakukan penyiangan dan pembersihan gulma dengan rutin, baik itu dengan dipotong, dicabut, atau bahkan dicangkul. Jika tanaman pisang bersih dari gulma, maka nutrisi yang ada bisa diserap oleh pohon pisang secara maksimal. Hasil akhirnya nanti pisang yang akan Anda panen juga lebih sehat dan berkualitas.

3. Gemburkan Tanah

Sumber foto : Youtube.com

Cara Web.agroloka.com selanjutnya adalah gemburkan tanah. Penggemburan tanah adalah cara terbaik agar aerasi tanah bisa Anda ciptakan. Disamping itu juga akan memudahkan penetrasi akar pohon pisang serta penyerapan nutrisinya bisa menjadi lebih baik. Akan tetapi, saat penggemburan tanah Anda harus hati-hati sebab jika tanahnya dicangkul terlalu dalam bisa menyebabkan akarnya rusak ataupun bahan terputus. Jadi pastikan ketika melakukan penggemburan tanah, Anda harus tetap berhati-hati ya!

Baca Juga : Cara Menanam Biji Rambutan yang Benar agar Cepat Tumbuh

4. Buang Daun Pisang yang Kering

Pemeliharaan pohon pisang khusus daun yang kering patut jadi pusat perhatian pembudidaya pohon pisang. Jangan sampai Anda membiarkan daun pisang tua dan kering tersebut membalut batangnya. Sebab tindakan ini hanya akan merugikan petani pisang saja dan juga bisa mengundang hama serta penyakit. Oleh karena itu, sisihkanlah waktunya secara berkala agar daun pisang yang telah kering tidak ada lagi di pohon. Kalau bisa pangkas daun keringnya dan buang jauh-jauh dari pohon pisang.

5. Berikan Nutrisi Tambahan Berupa Pupuk

Sumber foto : Kampustani.com

Adapun cara memberikan nutrisi bagi pohon pisang ini adalah dengan memberikan pupuk yang tepat. Pastinya ini penting sekali bagi pembudidaya pohon pisang yang menginginkan produksi bagus dan bercita rasa ok. Maka dari itu, usahakanlah agar pohon pisang dipupuk secara rutin dan juga teratur. Misalnya seperti 3 ataupun 6 bulan sekali.

Baca Juga : Panduan Cara Menanam Durian dari Biji sampai Panen Berlimpah

Tentu tidak hanya teratur, melainkan pupuknya juga harus tepat. Untuk jenis pupuknya ini, Anda bisa berikan pupuk majemuk NPK atau tunggal misalnya KCl, SP-36, urea, dan pupuk yang didalamnya terkandung unsur hara mikro seperti gandasil B, gandasil D, dan sebagainya.

Jadi begitulah cara merawat tanaman pisang dari Web.agroloka.com yang baik dan benar. Apabila Anda sudah mulai untuk menanam pisang, jangan lupa untuk menyediakan waktu yang cukup agar pohon pisangnya bisa dipelihara dengan baik dan teratur sehingga hasilnya pun sangat memuaskan.

Kontak :

Untuk mengirim pesan silahkan gunakan tombol dibawah ini.

WhatsApp Via SMS