Ragam Manfaat dan Khasiat Ubi Jalar Bagi Tubuh Anda

Manfaat dan Khasiat Ubi Jalar

Ubi jalar atau ketela rambat dalam bahasa inggris  “sweet potato”  dan dikenal dengan nama latin Ipomoea batatas L diduga berasal dari Benua Amerika. Tanaman ini di Afrika, menjadi salah satu sumber makanan pokok yang sangat penting. Akan tetapi di Indonesia, kebanyakan orang mengonsumsinya sebagai camilan di sela-sela waktu luang.

Banyak orang yang tidak tahu bahwa ubi jalar adalah salah satu makanan lezat yang memiliki sejumlah manfaat. Ubi jalar ini memiliki beragam jenis, bentuk, dan warna yang berbeda-beda di setiap belahan dunia.

Baca : Ciri-ciri umum tanaman ubi jalar

Ubi jalar merupakan nutrisi yang kaya akan vitamin dan mineral. Seharusnya sekarang Kamu berpikir ulang untuk menyukai ubi jalar ini. Simak beberapa manfaat yang akan Kamu dapatkan jika ubi jalar tersebut Kamu makan. Siapa tahu Kamu akan berubah pikiran dan ingin memakannya lebih sering.

Manfaat ubi jalar yang bisa Kamu dapatkan antara lain:

1. Antioksidan
Ubi jalar sangat kaya akan antioksidan. Anthocyanin dan beta karoten pada ubi jalar ungu adalah antioksidan terbaik yang dimiliki oleh ubi jalar selain dari yang ada pada buah jeruk. Anthocyanin memiliki sifat anti peradangan dan dapat membantu menangkal penyakit.

2. Mencukupi Kebutuhan Pangan Harian
Satu buah ubi jalar sedang dapat mencukupi sekitar 28% kebutuhan pangan harian Kamu. Mineral yang terkandung dalam ubi jalar ini akan membantu memetabolisme karbohidrat dalam tubuh Kamu. Magnesium yang terkandung dalam ubi ini juga membantu tubuh untuk menyerap nutrisi penting lebih cepat serta menjaga tulang Kamu tetap sehat dan kuat.

3. Sumber Beta Karoten Terbaik
Ubi jalar merupakan sumber beta karoten terbaik. Mengonsumsi satu setengah ubi jalar berukuran besar mampu memenuhi lebih dari 200% kebutuhan harian Kamu terhadap beta karoten. Seperti yang Kamu ketahui bahwa beta karoten adalah nutrisi penting yang diubah tubuh Kamu menjadi vitamin A yang membuat mata Kamu sehat dan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara alami.

4. Kaya Akan Quercetin
Ubi jalar banyak mengandung nutrisi, salah satunya quercetin. Quercetin merupakan nutrisi utama flavonoid yang sangat sehat dan memiliki manfaat yang luar biasa. Quercetin dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL dan mengurangi peradangan. Selain itu, quercetin berperan sebagai antihistamin yang dapat membantu memerangi alergi musiman ataupun alergi kronis.

5. Membantu Mengontrol Gula Darah
Meskipun ubi jalar mengandung karbohidrat, ubi ini dapat membantu mengontrol kadar gula darah Kamu. Sejak ubi jalar diketahui dapat meningkatkan tingkat adiponektin dalam darah, ubi jalar dipercaya mampu mengubah metabolisme insulin yang dapat mengontrol kadar gula darah. Ubi jalar juga kaya akan serat yang berarti secara otomatis memperlambat pelepasan glukosa ke dalam aliran darah sehingga dapat mencegah naiknya gula darah Kamu.

Selain kelima manfaat ubi jalar diatas, ubi jalar ini juga kaya akan kalium dan vitamin B6. Kedua nutrisi tersebut dipercaya sangat penting untuk menjaga kesehatan jantung Kamu. Jadi, jika Kamu masih ragu untuk memakan ubi jalar ini, bisa dipastikan manfaat-manfaat yang tadi telah disebutkan tidak bisa Kamu dapatkan.


Semoga bermanfaat.



Sumber : Duniafitnes.net

Kontak :

Untuk mengirim pesan silahkan gunakan tombol dibawah ini.

WhatsApp Via SMS